Minggu, 25 Januari 2009

tips demam panggung

TIPS DEMAM PANGGUNG (3)



INI MERUPAKAN KELANJUTAN CARA MENGATASI DEMAM PANGGUNG DARI ARTIKEL SEBELUMNYA. PERSIAPAN BAIK UNTUK TAMPIL / TIDAK DEMAM PANGGUNG DENGAN:

A. PASTIKAN BUSANA ANDA SESUAI, SEMUA KANCING BAJU TERPASANG, SEMUA RITSLETING TERTUTUP, DAN LANTAS LUPAKAN PENAMPILAN ANDA

B. KUASAI MATERI PIDATO ANDA SEBAIK-BAIKNYA, PELAJARILAH LEBIH BAIK, SEHINGGA ANDA LEBIH TAHU DARI ORANG LAIN. JANGAN SETENGAH2 TANPA PERSIAPAN MATANG

C. BERLATIHLAH DI DEPAN AUDIENCE YANG PENUH SIMPATI DENGAN JUMLAH KECIL SEBELUM ANDA MENGUASAI AUDIENCE YANG BESAR DAN ACUH TAK ACUH

D. SEBELUM TAMPIL, BERDIRI TEGAP DAN TEGAKKAN KEPALA ANDA, HINDARI POSTUR TUBUH YANG LEMAH SEPERTI PUNDAK MEMBUNGKUK, PANDANGAN MENUNDUK

E. AMBIL BEBERAPA NAPAS PANJANG SEBELUM ANDA MAJU DAN TAMPIL

F. BERSIKAPLAH SANTAI, TAHAN KECENDRUNGAN BERBICARA CEPAT

G. COBALAH BERPIKIR OBJEKTIF SEMAMPU ANDA, HAL INI TETAP PERHATIAN KEPADA AUDIENCE APA YANG DILAKUKAN. SIKAP INI KEBALIKAN DARI PIKIRAN SUBJEKTIF, YANG DALAM KONDISI INI ANDA TERUS MENERUS MEMIKIRKAN DIRI ANDA SENDIRI, RASA TAKUT ANDA, GENTARNYA LUTUT ANDA, DSB

H. ANGGAPLAH AUDIENCE BERSIKAP RAMAH DAN SIMPATIK YANG AKAN MENAMBAH PERCAYA DIRI (ARTIKEL OLEH BAPAK ASWAN NOER)

TIPS ATASI DEMAM PANGUNG (2)

1. PEJAMKAN MATA DAN BAYANGKAN ANDA DALAM SITUASI YANG MENYEBABKAN DEMAM PANGGUNG. SEKARANG, VISUALISASIKAN DIRI ANDA MENGENDALIKAN SITUASI DENGAN TENANG DAN PENUH PERCAYA DIRI. ORANG DI SEKITAR ANDA MENGAGUMI KEMAMPUAN ANDA DAN TETAP TENANG DALAM SITUASI TSB. PENAMPILAN SANGAT BAGUS. SEMUA ORANG BERTEPUK TANGAN.

2. LATIHLAH SELALU PRESENTASI ATAU PENAMPILAN ANDA. APAPUN SITUASINYA, KEPERCAYAAN DIRI MUNCUL DARI PEMAHAMAN DAN PENGETAHUAN YANG MENDALAM TENTANG TOPIK YANG AKAN ANDA BICARAKAN. GUNAKAN BERBAGAI METODE PERSIAPAN. MISALNYA, BERLATIHLAH DI DEPAN KACA, DI DEPAN TEMAN ATAU KELUARGA DAN REKAM PELATIHAN ANDA DI KASET ATAU VIDEO.

3. URUTKAN PENAMPILAN ATAU PRESENTASI DALAM URUTAN YANG LOGIS DAN KEMUDIAN ASOSIASIKAN DENGAN CITRA YANG MEMILIKI KESAMAAN DENGAN METODE LOCI.

4. DUKUNG INGATAN DENGAN BANTUAN EKSTERNAL (HARD COPY), TULIS POIN2 POKOK ATAU BUAT KARTU INDEKS ATAU BUATLAH KERANGKA PRESENTASI. JANGAN MALU UNTUK MENGGUNAKAN BANTUAN PETUNJUK VISUAL.

5. SENYUM DAN BERBICARALAH DENGAN SALAH SATU AUDIENS SEBELUM TAMPIL DI PANGGUNG. DAN SAAT BERADA DI PANGGUNG, PANDANGLAH WAJAH ORANG PER ORANG DAN BICARALAH LANGSUNG PADA SATU ORANG SECARA BERGANTIAN, ITU LEBIH BAIK DARIPADA MEMANDANG LAUTAN AUDIENS.

6. BERTANYALAH KEPADA AUDIENS. LIBATKAN MEREKA. ORANG MENYUKAI APABILA ADA PERHATIAN PERSONAL UNTUK MEREKA. SELAIN ITU, HAL INI JUGA DAPAT MENENANGKAN.

7. JIKA DAPAT MENIMBULKAN TAWA TANPA HARUS BERUSAHA KERAS, ANDA AKAN MEMBUAT PENONTON SANTAI. (P’MAILS EDISI 137 TAHUN III)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar